Rumah Kumuh Bergolak di Dompu

Bantuan rumah kumuh bergolak di Dompu, setidaknya itulah yang terjadi, sejumlah elemen memprotes bantuan itu alasanya macam-macam, mulai dari soal sosialisasi yang kurang sampai kepada sistem pendataan yang dinilai tidak profesional. Senin pagi 20-an massa yang tergabung dalam serikat pemuda simpasai (SPS) berdemo dikelurahan Simpasai Kecamatan Woja Dompu.Massa ingin ketemu langsung lurah Simpasai ST Jubaidah.

Massa melakukan long marc mulai dari ujung kelurahan menuju kantor kelurahan, sepanjang jalan mereka meneriakan ketidak adilan lurah dan aparatnya dalam mendata calon penerima rumah kumuh. Akibatbtnya rumah kumuh yang dihajatkan bagi masyarakat miskin tidak kena sasaran, justru ada sebahagian masyarakat yang berada menerimanya. Mereka juga mengecam sikap kelurahan yang menarik uang sebesar Rp 25 ribu perwarga.

Aksi massa ini sempat memanas lantaran dikantor kelurahan sejumlah massa pendukung lurah melakukan provokasi dan tidak menerima kehadiran massa SPS. Tetapi kepala Kelurahan ST Jubaidah dan Camat Woja Drs Zulkifli Lubis menerima mereka. Atas berbagai aspirasi Jubaidah menjelaskan secara tuntas. Soal sosialisasi menurut Jubaidah memang dilakukan secara terbatas karena dikejar deadline yang sempit. ”Kita hanya dikasih waktu tiha hari untuk melakukan pendataan,” ujar Jubaidah.

Menyangkut ketidak adilan pihak kelurahan telah melakukan sesuai dengan kondisi yang ada, tugas pendataan diberikan kepada kepala lingkungan masing-masing, itupun ditindak lanjuti lagi oleh pihaknya agar hasilnya benar-benar maksimal. ”Tidak ada niat kelurahan untuk pilh kasih,” ujar Jubaidah.

Sedangkan menyangkut pungutan uang Rp 25 ribu dibenarkan oleh Jubaidah untuk keperluan mengurus administrasi seperti proposal dan foto-foto. ”Tetapi tidak seluruhnya memberikan uang,” paparnya. Massa aksi setelah menerima penjelasan panjang lebar dari lurah akhirnya membubarkan diri dengan tertib. Aksi yang berlangsung dikawal oleh satuan dalmas Polres Dompu. Sebelumnya aksi serupa juga digelar di Desa Wawonduru Kecamatan Woja Dompu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: